Blogger Widgets

Jumat, 07 Desember 2012

Pindad siap produksi tank tempur


Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

PT Pindad dalam waktu dekat siap memproduksi tank tempur medium dengan bobot 20 ton. Ditargetkan pada 2014 prototipe tank tempur ini akan rampung.

Pembuatan tank tempur ini menjadi salah satu target pengembangan produksi PT Pindad ke depan. Hal tersebut lantaran tank tempur ini merupakan produk baru bagi Pindad.

Diketahui pengembangan tank tempur ini ternyata tidak dengan proses kerja sama atau alih tekhnologi (ToT) dengan perusahaan tank luar negeri.

"Kita tidak kerja sama dengan luar. Kita kembangkan sendiri," kata Kepala Sekretariat Perusahaan PT Pindad Iwan Kusdiana di Bandung, Selasa (16/10/2012).

Terkait dengan kebijakan pemerintah yang memborong tank medium Marder dari Jerman yang belum jelas mengenai alih teknologinya, Pindad mengaku dalam pengembangan juga tidak akan meniru jenis tank itu.

Sementara itu Kepala Divisi Kendaraan Khusus PT Pindad Hery Mochtady menambahkan, tank yang sedang dikembangkan Pindad akan mengacu pada kebutuhan dan permintaan TNI.

"Kita tidak meniru dari mana-mana. Kita desain sesuaikan requirement kavaleri TNI," jelas dia.

Sejauh ini tahapan yang dilalui sampai pada pembuatan desain. Dalam pembuatan desain, dilibatkan kavaleri. Tapi tidak sampai mereka masuk lebih jauh ke dalam.

"Target kita pada 2014 sudah jadi prototipe. Setelah prototipe jadi, kita mulai produksi," tegasnya.

Dia menambahkan, sejauh ini proses ToT kendaraan khusus hanya menyangkut panser cannon 90 mm yang dibeli pemerintah sebanyak 22 unit. Dari jumlah itu, 11 di antaranya dirakit oleh PT Pindad.

sumber Sindonews.com

0 komentar:

Posting Komentar





Copyright © 2011 Template Doctor